0


Setiap kita menghubungkan komputer atau leptop dengan removable-media seperti flashdisk, memory card, ataupun yang lainnya, maka jendela autorn Windows akan tampil pada layar monitor secara otomatis. Sebenarnya fungsi tersebut bertujuan untuk memudahkan user untuk dapat membuka foldernya secara langsung.


Akan tetapi, fungsi tersebut bisa jadi berbahaya bagi keamanan komputer. Karena selain internet, media eksternal merupakan sarana penyebaran virus terbesar. Karena memungkinkan sebuah media eksternal yang mengandung virus terhubung pada komputer atau leptop, dan ketika anda membukanya menggunakan menu "Open folder to view files" yang ada pada Autorn Windows, maka secara otomatis virus akan masuk kedalam komputer atau leptop anda. Terlebih virus-virus yang bisa aktif secara otomatis(Autorun.inf, dll).
Menonaktifkan fitur autorun pada Windows adalah cara yang tepat dan memang sangat disarankan untuk keamanan komputer atau leptop dari penyebaran virus melalui media-media eksternal.
Berikut adalah langkah untuk menonaktifkan fitur autorun pada windows :
  • Buka jendela dialog Run (tekan tombol windows + R pada keyboard). Setelah Run terbuka ketik "gpedit.msc" dan klik OK. Setelah itu akan tampil Local Group Policy Edit.
  • Pada Local Group Policy Editor, klik Computer Configuration --> Administratif Templates --> Windows Componen, dibawahnya anda akan menemukan "AutoPlay Policies", disitulah letak pengaturan autorun Windows.
  • Pada bagian kanan AutoPlay Policies klik kanan pada Turn off AutoPlay, dan pilih Edit. Kemudian akan muncul jendela baru, disitu pilih "Enable".
  • Klik apply dan OK.
Sekarang fitur autorn tidak akan muncul lagi pada komputer atau leptop anda setiap saat anda menghubungkannya dengan media eksternal.

Selamat mencoba by +Ipv4 to Ipv6 

Post a Comment

 
Top