0

Ikan asin Jambal Roti merupakan salah satu oleh-oleh khas Pangandaran, dan juga merupakan produk asli Pangandaran. Buah tangan ini bisa didapatkan di blok pasar ikan berjejer kios-kios yang menjual hasil laut berupa ikan asin. Ikan asin Jambal Roti sangat bergizi dan mempunyai protein yang tinggi, dan diproses dengan cara alami, tanpa bahan pengawet dan zat kimia apapun.
Ikan Jambal Roti adalah olahan ikan asin yang berasal dari ikan manyung. Ikan ini dibuat melalui fermentasi garam sehingga mengalami perubahan karakteristik yang khas. Mengapa disebut Jambal Roti, karena tekstur dagingnya yang mudah hancur setelah digoreng seperti roti panggang. Olahan ini mempunyai ciri khas antara lain, aroma harum yang disebabkan adanya degradasi protein dan lemak yang menghasilkan senyawa metil keton, amona, butilaldehid, amino, dan senyawa anonim lainnya. Asam amino nitrogen yang terkandung sangat tinggi sehingga mempengaruhi cita rasa Jambal Roti.

Anda juga bisa mendapatkan Ikan Asin Jambal Roti sebagai oleh-oleh dari pedagang asongan, dengan kualitas yang sama dan harga yang bersaing tentunya. Segeralah ajak keluarga atau kerabat dan teman-teman anda berlibur ke Pangandaran dan dapatkan buah tangan dari Pangandaran yang salah satunya adalah Ikan Asin Jambal Roti.

by +Ipv4 to Ipv6
  

Post a Comment

 
Top