0
Istilah mesin pencari (search engine) sudah tidak asing lagi ditelinga kita, ada Google, Bing, Yahoo, dll. Tapi apakah anda pernah mendengar mesin pencari yang bernama "Shodan"? saat anda membuka homepagenya (www.shodanhq.com) ada slogan tertulis "EXPOSE ONLINE DEVICES". Dari slogan tersebut harus diakui bahwa mesin pencari ini cukup mengerikan dan menghawatirkan. Bahkan John Matherly, sang pencipta Shodan mengklaim bahwa mesin pencari buatannya adalah mesin pencari yang paling menakutkan di internet.


Shodan adalah sebuah mesin pencari yang dirancang untuk mencari perangkat dan sistem komputer yang terhubung dengan internet. Situs ini diluncurkan pada tahun 2008 oleh seorang progammer John Matherly, yang memiliki ide untuk mencari peralatan-peralatan yang terhubung dengan internet. Shodan sendiri dianggap sebagai versi gelap dari Google yang mampu mencari server, webacam, printer, router dan semua perangkat yang terhubung ke internet.
Shodan bekerja tanpa henti dan mengumpulkan informasi jutaan perangkat dan layanan yang terhubung dengan internet setiap bulan. Shodan mampu menemukan sistem lalu lintas, kamera, CCTV, dan yang lainnya. Bahkan Shodan mampu menemukan sistem pembangkit listrik tenaga nuklir. Tentunya ini adalah hal yang sangat menghawatirkan jika jatuh ke tangan yang salah, dan yang membuat Shodan begitu menakutkan adalah bahwa sangat sedikit dari perangkat yang terhubung ke internet menerapkan keamanan yang benar-benar baik.

John Matherly mengatakan hingga 10 hasil pencarian tanpa akun dan 50 hasil pencarian menggunakan akun. Pencipta Shodan sendiri mengatakan bahwa tujuan diciptakannya Shodan adalah untuk kebaikan. Seperti yang dilansir dari CNN (08/04/2013), kehadiran Shodan ini seperti sebuah pedang bermata dua, baik tidaknya mesin pencari Shodan akan tergantung dari penggunanya.

Berbuat baik kelak akan indah pada waktunya :) +Ipv4 to Ipv6 

Post a Comment

 
Top