0


Jaringan Komputer adalah interkoneksi antara dua komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wirreless). Dua unit komputer bisa dikatakan terkoneksi apabila keduanya saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, data penyimpanan (Hardisk, CD-Room, Flashdisk, dll). Data yang berupa teks, audio, maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel, sehingga memungkinkan pengguna komputer delam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.

Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer tentu setidaknya terdiri dari dau atau lebih unit komputer. Dalam sebuah jaringan komputer memiliki dua type jaringan,, yaitu :

  • Client-Server


Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain dalam suatu jaringan dan Client adalah komputer-komputer yang menerima atau yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dalam jaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server, karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak bisa berperan sebagai workstation.

Jenis layanan Client-Server antara lain :
~> File Server --> memberikan layanan fungsi pengelolaan file
~> Print Server --> memberikan layanan fungsi percetakan
~> Database Server -> proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada server dan client dapat      meminta pelayanan
~> DIP (Document Information Processing) --> memberikan pelayan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.

Type Jaringan Client-Server memiliki keunggulan dan kelemahan, diantaranya :

>> Keunggulan :

  1. Kecepatan akses lebih tinggi, karena pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server).
  2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai aministrator jaringan.
  3. Sistem backup data lebih baik, karena prosesnya dilakukan terpusat di server.

>> Kelemahan :

  1. Biaya operasional relatif lebih mahal
  2. Diperlukan adanya satu komputer khusu yang berkemampuan lebih untuk dijadikan server.
  3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server.
  • Peer to Peer


Jaringan peer to peer adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer.
Peer to peer adalah suatu model dimana tiap komputer dapat memakai resource pada komputer lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai komputer lain.
Metode peer to peer ini pada sistem windows dikenal sebagai Workgroup, dimana tiap-tiap komputer dalam satu jaringan dikelompokan. Server di jaringan peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

Type Jaringan Peer to Peer memiliki keunggulan dan kelemahan, diantaranya :

>>Keunggulan :
  1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimilikinya.
  2. Biaya Operasional relatif lebih murah.
  3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server.
>>Kelemahan :
  1. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, kerena setiap komputer dimungkinkan terlibat dalam komunikasi yang ada.
  2. Untuk kerja lebih rendah, karena setiap komputer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
  3. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.
  4. Backup harus dilakukan masing-masing komputer, karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan.

Sekian saja Pengertian Jaringan Komputernya,, semoga beranfaat bagi anda. terima kasih atas kunjungannya,, :) by +Ipv4 to Ipv6 

Post a Comment

 
Top