0
IPv6 mempunyai beberapa fitur yang mampu mengantisipasi perkembangan aplikasi masa depan dan mengatasi kekurangan yang dimiliki pendahulunya yaitu IPv4. Berikut adalah fitur-fitur yang diliki oleh IPv6 :

  • Jumlah IP Address yang sangat banyak

IPv6 terdiri dari 128 bit, dengan jumlah IP Address yang dapat dipakai mencapai 3.4 x 10^38. Jumlah ini sangatlah besar. Alokasi IP Address yang sangat banyak ini berguna untuk memberikan IP Address kepada hampir semua perangkat yang ada disekitar kita.

  • Autoconfiguration

IPv6 dirancang agar penggunanya tidak dipusingkan dengan konfigurasi IP Address. Komputer pengguna yang terhubung dengan jaringan IPv6 akan mendapatkan IP Address langsung dari router sehingga nantinya DHCP server tidak diperlukan lagi. Autoconfiguration nantinya akan sangat berguna bagi peralatan mobile internet karena pengguna tidak direpotkan dengan konfigurasi sewaktu berpindah tempat dan jaringan.

  • Security

IPv6 telah dilengkapi dengan protokol IPSec, sehingga semua aplikasi telah memiliki keamanan yang optimal bagi berbagai aplikasi yang membutuhkan keamanan.

  • Quality Of Service

IPv6 memiliki QoS yang terintegrasi dengan baik sehingga semua aplikasi yang berjalan diatas IPv6 memiliki jaminan QoS, terutama lagi bagi aplikasi yang sensitif terhadap delay (seperti VoIP dan streaming video).

Semoga Bermanfaat by +Ipv4 to Ipv6 

Post a Comment

 
Top